Tuesday, June 10, 2014

Dapat SMS mengenai Masa Tenggang? Tenang dulu ...!

Pagi ini, tepatnya pukul 09:42:40 am (waktu di HP saya), ada SMS dari operator Indosat dengan isi pesan :

Anda berada pada masa tenggang, untuk beli masa aktif, ketik aktif3 (aktif 3hr, Rp. 2000), aktif14 (aktif 14hr, Rp.5000) kirim ke 555. CS: 100)

"Masa tenggang? Sepertinya keliru deh ...," ucap saya dalam hati. Saya ingat bahwa masa aktif dan masa tenggang untuk nomor saya masih cukup lama. "Kok bisa langsung masuk masa tenggang?" ucap saya dalam hati sambil mencoba memastikan dengan mengetik "*388# dan mendapatkan hasil:

Pulsa utama Rp. 9352, Akif 29/08/14, tenggang 28/09/14

Perhatikan dua gambar berikut:

Gbr 1. SMS dari operator
Gbr 2. Hasil check pulsa

Pertinyiinnyi ... pertinyiinnyiiii .... apakah ada kekeliruan dari pihak Indosat atau suatu kesengajaan? Ada dua kemungkinan yang terjadi:

Pertama, terjadi kekeliruan dalam sistem atau sistem error.Kalau keliru, terkesan aneh bagi saya karena itu berarti sistem operator tersebut tidak bisa memastikan apakah sebuah nomor masih dalam masa aktif, masa tenggang, atau sudah memasuki masa tenggang. Kalau sistem masih dijalankan secara manual, kemungkinan kesalahan semacam ini masih dapat dipahami, tetapi kalau sistem sudah menggunakan teknologi (komputerisasi), agak sulit diterima logika.

Kedua, ada unsur kesengajaan supaya konsumen (pelanggan) segera membeli masa aktif seperti yang tercantum pada contoh pesan dari operator yang saya terima. Bagi orang yang mudah panik, tanpa melakukan cek 'n ricek biasanya akan langsung melakukan apa yang "diperintahkan" oleh operator lewat SMS tersebut. Bagi yang tidak mudah panik, ia akan memastikan terlebih dahulu, apalagi tidak butuh waktu lama untuk memencet *388# lalu menunggu hasilnya tertampil di layar handphone kita.

Kepada seluruh konsumen atau pelanggan nomor Indosat se-Indonesia...semoga tulisan singkat ini membuat kita bisa lebih berhati-hati dan tidak mudah panik jika mendapat kiriman SMS dari operator kartu yang kita sayangi. Kiranya tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.


Selamat siang!


No comments:

Post a Comment

Rutinitas Rumah Sakit dan Insight "You'll Never Walk Alone" Mengisi Soreku yang Syahdu ...

  Ilustrrasi rumah sakit (Source: www.wphealthcarenews.com) Di tengah suasana sore yang syahdu setelah diguyur hujan deras bercampur angin y...