Sunday, June 8, 2014

Karet untuk Tombol Play/Mute Rusak? Berikut Solusinya ...!

Langsung saja ... ceritanya ... dua tahun ini saya memakai Blackberry Gemini Black 8520 untuk keperluan pekerjaan. Beberapa bulan terakhir, pelan tapi pasti mulai terjadi kerusakan pada karet bagian samping kanan (untuk mengatur volume dan tombol untuk mengambil gambar), lalu segera merembet ke bagian samping kiri (samping slot untuk charger), dan terakhir menyerang bagian atas yang biasa digunakan untuk tombol play/mute. Kita tahu bahwa fungsi tombol "mute" juga untuk unlock ketika posisi Blackberry kita terkunci (locked).

Bagi saya yang aktif menggunakan Blackberry setiap hari, kondisi ini tentu merepotkan. Apalagi untuk pemakaian tombol mute yang sangat sering ditekan untuk menjalankan fungsi unlock. Sebelum mendapatkan informasi (tips) yang akan saya bagikan di bawah, saya akan mencari benda apa saja yang ada di dekat saya untuk menekan tombol mute. Terkadang pakai kunci motor, tutup bolpoin, tusuk gigi, atau ranting pohon.

"Lama-lama bisa rusak juga tuh tombol," pikir saya. Gimana nggak, ditekan pakai pelindung karet yang dari sononya mungkin masih aman ... lha ini pakai "benda-benda asing" yang nggak sesuai dengan setting aslinya ... secara logika kerusakan akan jauh lebih cepat. Ganti karet alias beli pelindung karet yang baru, kabarnya cukup mahal, lebih dari seratus ribu. Jadilah saya sedikit galau ... hehe...

Pas lagi setengah galau ... Sabtu (7/6), saya dapat informasi berharga dari kakak laki-laki saya. Kebetulan dia juga ngalamin masalah yang sama. Pelindung karet rusak pada bagian samping dan atas. Khusus untuk bagian mute, kakak saya punya cara yang selama ini tidak terpikir, yaitu memanfaatkan fungsi password di Blackberry miliknya...

Memang jadinya Blackberry kita tidak lagi menggunakan fungsi lock, tetapi Blackberry kita tetap aman dari kondisi yang saya sebut "pencetan tak sengaja" karena fungsi password bisa sekaligus berfungsi seperti tombol lock..

Berikut caranya: 

Cari menu Options lalu pilih menu Password

Ubah setting-an password dari Disabled ke Enabled

Masukkan password (pada pilihan set password); masukkan password yang kita inginkan, lau ulangi pada pilihan verify new password 

Number of Password Attempts : pilih angka 3 sampai 10 (untuk amannya, masukkan angka 10 yang berarti kita bisa ulangi sampai 10 kali kalau salah memasukkan password)

Security Timeout : 1 menit - 1 hour (waktu untuk BB terkunci otomatis dan kita harus memasukkan password untuk mengaktifkannya) *saran saya: pilih antara 1 sampai 5 menit*



Pilihan lainnya pilih NO

Lalu tekan lambang BB dan pilih SAVE 

Setelah itu .... terutama buat kita yang pelupa ...ada baiknya kita catat dan simpan password kita di tempat yang aman (jaga-jaga aja kalo lupa)

Semoga bermanfaat!








No comments:

Post a Comment

Rutinitas Rumah Sakit dan Insight "You'll Never Walk Alone" Mengisi Soreku yang Syahdu ...

  Ilustrrasi rumah sakit (Source: www.wphealthcarenews.com) Di tengah suasana sore yang syahdu setelah diguyur hujan deras bercampur angin y...