Friday, May 15, 2015

Serunya Berburu Huruf N!

YOSAN...! YOSAN ... ! YOSAN ...!
Nama merk permen karet legendaris ini tak bisa dipisahkan dari mereka yang hidup era 90-an, termasuk saya yang lahir hampir pertengahan tahun 1982. Apa sih yang spesial dari permen karet ini? Rasanya? Bukan! Bentuknya? Biasa saja! Kemasan produknya atau gambar di bagian depan kemasannya? Apalagi! Biasanya saja ....!

Jadi apa dong yang menarik? Jawabannya cuma satu: karena bikin penasaran anak-anak se-Indonesia! Kok bisa?!? Begini ceritanya ...

Produsen YOSAN ini terbilang cerdik (untuk masa itu) karena berhasil membuat ribuan anak berduyun-duyun menyerbu toko, minimarket, dan supermarket (di beberapa kota besar) cuman untuk membeli permen karet merk YOSAN. Alasan utamanya tak lain tak bukan dan nggak salah lagi adalah demi memburu hadiah!

Aturan yang dibuat oleh produsen permen karet ini sederhana, cuma ngumpulin lima huruf pembentuk kata YOSAN yang ada di balik bungkus permen karet itu. Naaah ... rasa penasaran mulai muncul ketika beberapa huruf mulai terkumpul ... biasanya huruf Y, O, S, dan A ... trus kurang satu huruf lagi (N) yang buat beberapa orang masih jadi misteri sampai hari ini.

Lha kenapa? Banyak orang mengakui ... beberapa hampir melambaikan tangan ke kamera ... dan nggak sedikit yang misuh-misuh karena susahnyaaaa minta ampuuunn untuk bisa dapatin huruf N. Nggak sedikit yang akhirnya berkata: memang huruf N tidak diproduksi atau nggak dibuat. Atau kalau pun ada, mungkin 1 diantara sejuta bungkus! (Hahaha....segitunya ...!!!)

Buat yang stres gara-gara gagal terus dapat huruf N, beberapa orang mencoba menghibur diri dengan berlatih mlendungin permen karet kayak yang diajarin Si Lupus ... Hehehe .... (untuk demam Lupus sendiri akan dibahas pada tulisan lainnya)
 
KUNCI dari keseruan (sekaligus kadang bikim kesel) dari berburu permen karet YOSAN memang ada di huruf N. Sebagai catatan, hadiah baru bisa diperoleh kalau kelima hurufnya komplit dan jenis hadiahnya hanya tertulis di huruf N, bukan di keempat huruf yang lain.Inilah kecerdikan lainnya dari sang produsen (cerdik atau rada curang ya ... hahaha ....)

Contoh huruf N yang berhasil didapat salah seorang netizen :

Contoh Huruf N di balik bungkus kemasan permen karet YOSAN

Contoh huruf YOSAN yang terkumpul lengkap (www.fikreatif.com)   
Seperti contoh dua gambar di atas ... faktanya memang huruf N ada ... buktinya ada yang bisa kumpulin lengkap  Tapi tetap aja ... jumlah N terbilang langka dan entah berapa orang di Indonesia yang akhirnya berhasil dapat ... trus kirim via pos ... trus dapat hadiahnya!

Tapi keseruannya memang masih teringat jelas sampai sekarang (buat yang mengalami ... hehehe ... ) ... asyiknya berburu huruf N ... trus ada yang pamer kalau sudah dapat huruf YOSA (padahal N-nya nggak tahu kapan bisa dapatnya...wkwkwkw) .... nggak terpisahkan dari memori tahun 1990-an! Beberapa anak sampai bela-belain nahan nggak jajan supaya bisa dipakai buat beli permen karet YOSAN ... habis itu dikunyah-kunyah 5 menit, trus dibuang ... hahaha...

Gimana ... apa masih ada yang penasaran sampai sekarang gara-gara belum juga dapat huruf N? Googling deh ... siapa tahu pabriknya masih beroperasi dan Anda bisa dapat huruf N untuk memuaskan rasa penasaran yang sudah menahun... hahahaha ...

Salam permen kampret ... eh permen karet YOSAN!  

No comments:

Post a Comment

Rutinitas Rumah Sakit dan Insight "You'll Never Walk Alone" Mengisi Soreku yang Syahdu ...

  Ilustrrasi rumah sakit (Source: www.wphealthcarenews.com) Di tengah suasana sore yang syahdu setelah diguyur hujan deras bercampur angin y...